Total Tayangan Halaman

Sabtu, 12 Mei 2012

RUMAH TELETUBBIES JOGJA

RUMAH TELETUBBIES JOGJA  RUMAH DOM

Tentu Anda masih ingat empat karakter lucu, berwarna ungu, hijau, kuning, dan merah yang sempat menjadi tontonan anak amat laris ketika itu. Empat karakter lucu yang diproduksi oleh BBC London itu hidup dalam sebuah rumah berbentuk dome yang hampir mirip dengan rumah orang Eskimo. Rumah-rumah setengah bulat yang mirip rumah para Teletubbies itu juga ada di Jogja. Tepatnya di Ngelepen, Sumberharjo, Prambanan, Sleman.

Sesudah bencana gempa tahun 2006 serta terancam longsor bukit Sengir, warga Ngelepen akhirnya menghuni rumah domes bantuan dari LSM Wango yang diresmikan  menteri Perumahan Rakyak Yusuf Ashari pada 30 April tahun 2007 yang lalu. Perumahan berjumlah 80 buah yang berbentuk kubah dan berwarna putih itu berjejer rapi di kawasan seluas 2,5 hektar. Kini, warga Ngelepen menyebut tempat baru mereka sebagai New Ngelepen.

New Ngelepen terdiri dari 71 rumah untuk pemukiman, enam bangunan untuk mandi cuci kakus (MCK) serta tiga bangunan untuk fasilitas umum berupa Masjid, sekolah dan poliklinik desa. Secara resmi bangunan ini bernama rumah domes yang bisa ditempati oleh warga Ngelepen selama 3 tahun secara gratis.

Kini, New Ngelepen tidak hanya menjadi sekedar rumah bantuan sekaligus percontohan bagi rumah tahan gempa. New Ngelepen saat ini telah menjadi salah satu atraksi wisata amat menarik karena bentuk rumahnya yang unik serta tidak biasa.

foto by bayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar